Berita
Memuat...

Cara Merubah Banyak Kata di Microsoft Word Dengan Sekali Klik

Dalam setiap pekerjaan pasti tiap orang menginginkan pekerjaannya itu cepat selesai, entah alasannya karena ingin mengerjakan pekerjaan lain setelahnya ataupun karena sudah sangat merasa lelah. Termasuk bagi sobat yang sehari-hari berhadapan dengan pekerjaan berupa pengetikan dokumen di microsoft word. Maka panduan di artikel ini, yaitu tentang Cara Merubah Banyak Kata di Microsoft Word parlu sobat kuasai.

Tags : Cara Merubah Banyak Kata di Microsoft Word, Cara Mengubah Banyak Kata di Microsoft Word, Cara Mengganti Banyak Kata di Microsoft Word.

Saya langsung saja ambil contoh teman saya, dia adalah seorang guru. Dimana pekerjaan sehari-harinya selain mengajar adalah membuat berbagai macam administrasi pembelajaran. Mulai dari administrasi kehadiran siswa, skenario pembelajaran dan penilaian.

Yang seringkali teman saya kerjakan itu administrasi pembelajaran berupa skenario pembelajaran, dalam hal ini yang harus dikerjakan setiap hari adalah dokumen berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Karena terhalang oleh banyak sekali administrasi yang harus dikerjakan, belum lagi kewajibannya sebagai guru yaitu mengajar, kemudian untuk mempercepat daripada harus membuat sendiri RPP nya, maka dengan sangat terpaksa dia hanya mencari file-file RPP dari Internet. Yang pasti menyesuaikan dengan yang dia butuhkan.

Namun dari cara yang dianggap untuk mempercepat daripada harus membuat sendiri RPP nya itu, ternyata didalam RPP yang dia temukan (download) itupun masih sangat banyak yang perlu diganti supaya sesuai dengan keadaan dimana dia mengajar.

Dalam RPP, bagian yang pasti ada itu biasanya keterangan tentang Nama Satuan Pendidikan (Nama Sekolah), Nama Kepala sekolah, Nama guru pengampu mata pelajaran, Nama daerah sekolah berada (dibagian penulisan tanggal) dan belum lagi biasanya adalah adanya Nomor Induk Pegawai (NIP) bagi guru PNS. Sementara file RPP yang dimiliki karena hasil download, isinya pun data-data dimana si pembuat RPP itu mengajar.

Nah, dalam kasus semacam itu, maka solusi yang dibutuhkan adalah cara untuk mengganti data atau detail-detail dibagian tertentu supaya sesuai dengan keadaan dimana teman saya ini mengajar.

Merubah Banyak Kata di Microsoft Word
Merubah Banyak Kata di Microsoft Word

Simak panduan berikut ...

Cara Merubah Banyak Kata di Microsoft Word

Perhatikan gambar berikut ...


Keterangan Gambar :
  • Fitur Replace terletak di pojok kanan atas page Microsoft Word sobat. Saya menggunakan Ms. Word 2007, dan kurang paham letaknya untuk Ms. Word versi lainnya. Untuk mempermudah, sobat bisa menggunakan short cut "ctrl+H".
  • Sesuai dengan gambar, yang akan saya ganti adalah kata pada Satuan Pendidikan.

1. Cari file yang ingin sobat ganti kata didalamnya. Sesuai dengan kasus diatas, saya gunakan file berupa RPP.

2. Cari kemudian Copy kata yang ingin sobat ganti. Sesuai dengan gambar diatas, kata atau kalimat yang mau saya ganti adalah MI Salafiyah Karangtengah. Kata-kata ini mau saya ganti dengan MI Salafiyah Datar.

3. Setelah di copy, kemudian klik menu Replace atau Ctrl+H ...


4. Kemudian paste kan kata yang sudah di copy tadi di kolom Find What. Setelahnya, isikan kata atau kalimat lain untuk penggantinya di kolom Replace with.

5. Setelah itu, klik Replace All. Jika muncul notifikasi, klik saja OK. Seperti ini ...


pada notifikasi diatas "Word has completed its search of the document and has made 24 replacement". Angka 24 menunjukkan kata atau kalimat yang berhasil dirubah dalam file atau dokumen itu.

Jika berhasil, maka selamat ... sobat berhasil mengerjakan panduan ini. Untuk lebih yakin, cek saja satu persatu keseluruhan kata yang ingin sobat rubah tadi.

Tambahan Info untuk sobat ...

Di menu Replace ada beberapa tombol, diantaranya ...
  • Replace : Fitur ini untuk mengganti kata atau kalimat yang di copy saja, jadi hanya 1 kata atau kalimat saja yang terganti.
  • Replace All : Ini yang sudah sobat praktekkan tadi, fungsinya untuk mengganti semua kata atau kalimat yang ada pada file.
  • Find Next : Fungsinya untuk menemukan kata atau kalimat lain yang sama dengan yang sudah di copy

Demikian artikel tantang Cara Merubah Banyak Kata di Microsoft Word. Semoga bermanfaat


Baca Juga Artikel Terkait Lainnya

0 komentar

Auto Ping