Berita
Memuat...
, ,

Beberapa Tips Ini Akan Membuat Warga dan Siswa SH Terate Tidak Merasa Bosan Ketika Latihan

Penuh perjuangan, melelahkan, berat, susah payah dan membosankan. Itulah beberapa hal yang sering kali dirasakan manusia ketika melakukan kegiatan yang selalu sama dan dilakukan berkali-kali atau bahkan setiap hari. Begitu pula yang sering dirasakan oleh orang-orang SH Terate, baik warga maupun lebih-lebih siswa. Meskipun tidak setiap hari tapi perasaan seperti itu pasti muncul manakala jadwal latihan datang atau setelahnya.

Sering saya bilang bahwa latihan SH Terate itu perlu proses, yang mana proses itu tidak mudah. Dan pastinya sangat menyita beberapa bagian dalam hidup seperti waktu, tenaga dan tak jarang juga materi.

Baik warga maupun siswa SH Terate mengalami kesusahan atau kendalanya masing-masing sesuai dengan tugas dan porsinya. Bagi Warga yang biasanya menjadi kendala adalah waktu, ketika datang waktu latihan bertepatan juga dengan kewajiban lain berkaitan dengan pekerjaan misalnya.

Bagi Siswa pun begitu, tidak jarang ketika saya datang ke tempat latihan tapi siswa yang datang hanya beberapa. Ada yang alasannya belum pulang sekolah karena ada kegiatan tambahan, ada yang sedang mengerjakan tugas atau lainnya.

Jadi, apapun kendalanya Saya rasa itu hal yang sangat lumrah, karena dalam hidup ini kita perlu tahu banyak hal. Dan hal itu hanya akan didapatkan dengan cara beraktifitas mencari pengalaman-pengalaman yang berbeda-beda. Makannya kegiatan latihan SH Terate juga harus luwes menyesuaikan keadaan.

Namun salah satu yang menjadi kendala untuk proses latihan SH Terate dan harus diselesaikan dengan penanganan khusus adalah munculnya rasa bosan. Masa iya bisa Bosan? iya sangat bisa, dan itu wajar. Apa lagi jika proses latihannya itu-itu saja tanpa variasi, bukan hanya siswa yang akan bosan tapi Warganya pun akan demikian.



Latihan Asyik Tidak Membosankan


1. Variatif


Salah satu yang membuat latihan tidak membosankan adalah proses latihan yang bervariasi. Bervariasi ini bisa banyak hal penerapannya. Saya misalkan saja bervariasi dalam materi yang dilatihkan. Bukan materi baku, melainkan materi tambahan seperti tekhnik-tekhnik yang beragam gerakan dan fungsinya. Saya yakin baik warga maupun siswa akan merasa segar jika materi yang dilatihkan juga beragam.

2. Jangan Kaku


Kaku yang saya maksudkan adalah dalam bersikap. Warga atau pelatih itu berperan sebagai kakak. Mengajari adiknya dengan penuh kasih sayang dan perhatian. Tegas memang sangat wajib dan harus ada dalam proses latihan, tapi jangan lupa sisipkan sedikit candaan untuk mencairkan suasana. Terlebih ketika waktu istirahat, bangun suasana yang hangat dan akrab supaya mengurangi rasa capek setelah latihan dan juga supaya segar kembali dan siap untuk melanjutkan latihan setelah istirahat.

3. Jangan Lupa Piknik


Wah kok piknik? hehe. Yaa.. piknik. Sesekali ajaklah siswa keluar, jalan-jalan atau kemanapun. Tidak mesti ketempat wisata, ajaklah mereka melihat alam sekitar tempat latihan itu dilaksanakan. Pengalaman saya sendiri dulu pernah bersama-sama warga dan siswa jalan-jalan mendaki bukit, bawa bekal, bersenang-senang dan menikmati keindahan alam bersama. Baiknya dari hal ini adalah ... rasa kebersamaan dan keakraban akan semakin muncul dalam diri para siswa. Fisikpun tanpa sadar bekerja, berkeringat dan pasti sehat.

4. Buka Wawasan


Sekarang jamannya serba canggih, segala sesuatunya berjalan sangat cepat. Termasuk informasi-informasi berkait dengan SH Terate. Buka wawasan kepada para siswa bahwa SH Terate itu benar-benar ada dimana-mana. Kalau bingung, cari saja di google banyak info tentang SH Terate di berbagai belahan dunia. Mungkin sobat Warga bisa dengan mudah bilang seperti ini:

Dek, gunakan internet untuk hal-hal yang positif, seperti belajar dan mencari informasi. Termasuk juga informasi tentang hal yang berkaitan dengan SH Terate, adek-adek langsung saja akses MINGKRIK.COM (MINGKRIK DOT KOM), disana membahas hal-hal terkait dengan SH Terate, ada juga tentang info-info lain". (hehe)

5.Tips Lain Menurut Sobat Warga ..


Ada lagi tips lain yang biasanya sobat lakukan? ayo share dikolom komentar ...

Itulah beberapa tips dari saya supaya proses latihan bisa berjalan dengan asik dan tidak membosankan. Saya yakin banyak juga Warga yang selalu kreatif dan inovatif dalam latihan. Mohon maaf jika banyak kekurangan di artikel ini, karena apa yang saya tulis hanya berdasarkan pada pengalaman pribadi.

Salam Persaudaraan.


Baca Juga Artikel Terkait Lainnya

0 komentar

Auto Ping