Berita
Memuat...

2 Cara Merubah Password Gmail Dengan Sangat Mudah

Simak dengan baik artikel ini sobat, akan saya pandu Cara Merubah Password Gmail dengan cara yang sangat mudah dan cepat, bahkan bagi sobat pengguna Gmail baru sekalipun.

Layanan Email gratis yang mungkin saja boleh disebut sebagai layanan Email terpopuler saat ini ialah Gmail. Seperti diketahui kalau Gmail ini adalah salah satu produk dari Google, salah satu perusahaan mesin pencari terbesar di alam semesta.

Fungsi akun Gmail sangat-sangat besar bagi saya pribadi. Selain utamanya memiliki fungsi untuk brekirim surat atau form apapun, Gmail juga saya manfaatkan untuk alat verifikasi segala macam layanan diInternet yang saya ikuti. Mungkin begitu juga dengan sobat ya?

Bagi sobat yang gemar ber-Internet ria dan suka mencoba berbagai macam hal baru didalamnya seperti mendaftar di website-website hiburan, Bisnis Online, Game online, bahkan layanan pemerintah jaman sekarang pun sudah secara online dan salah satu alat pendaftarannya ya Email.

Terlebih lagi yang membuat Gmail sangat populer adalah cara membuatnya yang sangat mudah. Simak tutorialnya di Cara Daftar Gmail Paling Mudah dan Simpel

Kembali ke topik sob ...

Password Gmail. Yang satu ini menjadi hal atau bagian dari Gmail yang sangat Vital sob. Ibarat sebuah rumah, Password atau Sandi itu adalah kuncinya, berfungsi untuk membuka pintu ketika mau masuk, dan mengunci kembali ketika mau pergi. Jadi, hanya sobatlah yang boleh tahu seperti apa bentuk kunci rumah sobat dan cuma sobatlah yang boleh tahu dimana meletakkannya. Begitupun password atau sandi Gmail milik sobat, jadi hal yang vital dan harus sangat rahasia. Paham kan? hehe

Ya, jadi ...

Karena password atau sandi Gmail adalah hal yang vital dan sangat rahasia, maka tugas sobat adalah menjaganya supaya tetap rahasia agar aman dan tidak ada gangguan dikemudian hari.

Gangguan apa yang saya maksud?

Banyak sekali kemungkinannya sob ...

Misal saja bagi sobat yang menggunakan Gmail sebagai alat berkirim file-file penting, data-data pribadi sobat, mungkin juga data-data BANK sobat, Foto-foto pribadi sobat dan lain sebagainya itu diketahui Passwordnya oleh orang yang tidak bertanggung jawab, kemudian dimanfaatkan untuk kepentingan orang itu untuk mengambil keuntungan atau melakukan penipuan dengan akun gmail sobat, waah ... ini sangat berbahaya.

Cara Merubah Password Gmail
Cara Merubah Password Gmail

Cara Merubah Password Gmail

Cara merubah Password Gmail itu sangat mudah sob, disini saya akan membagi dua pembahasan, yang pertama Cara Merubah Password Gmail di Komputer dan yang kedua Cara Merubah Password Gmail di Android.

Cara Merubah Password Gmail Di Komputer

Pertama sobat masuk ke https://accounts.google.com/EditPasswd melalui browser yang sobat gunakan, maka akan masuk ke halaman seperti ini ...

Merubah Password Gmail
Masukkan Password Gmail Yang Sekarang

Jika sobat dihadapkan dengan tampilan seperti diatas, masukkan saja password atau sandi Gmail sobat yang sekarang. Kemudian ...


Pada tampilan seperti diatas, sobat masukkan Password baru yang sobat inginkan pada kolom yang saya beri tanda merah, dan konfirmasi (masukkan laki password barusan) ke kolom pada tanda hijau. Terakhir, klik Tombol Change Password dan tunggu sebentar, jika berhasil maka akan muncul notifikasi kalau password sobat berhasil dirubah. Dan selamat, cara merubah password gmail yang sobat lakukan telah berhasil.

Cara Merubah Password Gmail Di Android

Cara merubah password gmail selanjutnya adalah dengan menggunakan HP Android. Sebenarnya caranya sama persis dengan cara merubah password Gmail diatas tadi. Masuk ke alamat yang sama dan tahapan-tahapan selanjutnyapun sama sampai akhir. Yang membedakan hanya tampilannya saja mungkin. Browser yang digunakan pun terserah sobat, bisa dengan browser bawaan, chrome, UC Browser atau yang lainnya.

Oke, itulah 2 Cara Merubah Password Gmail yang sangat mudah dan pasti bisa sobat sekalian praktekkan. Ingat-ingat password sobat itu ya, jangan sampai ada orang lain tahu, bahkan pasangan sobat sekalipun. Hehe

Tips Agar Password Gmail Selalu Aman

Dari awal artikel sampai bagian ini, sudah banyak yang saya sampaikan yang intinya bahwa, password Gmail itu sangat penting.

Yang namanya hal penting, sudah pasti harus dijaga keamanannya ya, hehe. Lalu seperti apa cara supaya password gmail selalu aman? sobat bisa praktekkan tips sederhana berikut ini :

  • Ubahlah password atau sandi gmail sobat secara berkala. Bisa 3 bulan sekali atau 1 bulan sekali bila diperlukan.
  • Jangan login ke akun Gmail di sembarang komputer ataupun perangkat lain, terlebih komputer warnet. Kalaupun ini terjadi, jangan sampai lupa log out dari akun Gmail sobat. Dan untuk lebih amannya lagi, hapus dan bersihkan history maupun chace browser yang sobat gunakan di warnet itu.
  • Gunakanlah kata unik untuk password Gmail sobat. Unik yang saya maksud adalah, kata yang mungkin hanya sobat yang tahu, mudah sobat ingat tapi tidak mudah ditebak orang lain. Jangan lupa supaya lebih unik, kombinasikan dengan angka dan simbol tertentu. Penting : catat password di buku diary sobat, masukkan buku kedalam brankas, kubur brankas didasar lautan. Haha, dijamin aman dari apapun.
  • Pisahkan tiap akun Gmail yang sobat punya. Jika sobat punya lebih dari satu akun Gmail dan semuanya aktif, pisahkanlah tiap akun itu berdasargan keperluan sobat. Misalkan satu akun utama untuk urusan kerjaan, sekolah dan lain-lain. Akun lainnya khusus untuk Game. Ada juga akun untuk bisnis online dan sebagainya.
  • Hati-hati dengan email yang masuk dan mengatasnamakan Google. Tinjau baik-baik siapa pengirim email tersebut ya..
  • Tips dari sobat, share ya kalau ada tips lainnya ...
  • Tips terakhir dari saya, sobat tidak usah praktekkan semua tips dari atas sampai poin sebelum poin ini, jika akun Gmail sobat bukan email yang berisi hal penting. Haha

Itulah Panduan atau tutorial dari saya tentang 2 Cara Merubah Password Gmail Dengan Sangat Mudah, semoga benar-benar mudah sehingga bisa dipraktekkan dan mendatangkan manfaat dan barokah.. aamiin.

Jangan lupa di share sob ... terimakasih.


Baca Juga Artikel Terkait Lainnya

0 komentar

Auto Ping