Berita
Memuat...
,

Cara Hemat Baterai HP Android Dengan Sederhana dan Ampuh Tanpa Aplikasi

Cara Hemat Baterai HP Android sederhana ini patut sobat coba untuk menyelesaikan permasalahan borosnya baterai Android yang sering sobat alami.

Pernahkah ketika sobat sedang enak main game, telepon, sms atau melakukan aktifitas menggunakan Handphone Android tiba-tiba baterai nya berkurang sangat cepat? atau bahkan tiba-tiba mati karena semua energi baterainya habis? 

Bagi Sobat pengguna Android pasti sudah sangat menyadari kalau baterai handphone Android itu tergolong sangat boros. Bahkan pengalaman pribadi saya sering kali melakukan charging hp hampir semalaman, pagi hari penuh kemudian digunakan, tapi belum juga setengah hari sudah harus diisi lagi baterainya. Dan saya yakin, banyak dari Sobat yang mengalami hal demikian. Hingga akhirnya hal ini mungkin harus kita terima sebagai salah satu kekurangan handphone Android.

 Cara Sederhana Menghemat Baterai Android

Namun jangan khawatir, saya ada tips-tips sederhana namun terbukti cukup ampuh memperpanjang waktu aktif baterai handphone Android, ayo simak:

5 Cara Hemat Baterai Android Sederhana Tapi Ampuh


Pertama, Atur cahaya handphone Sobat. Karena semakin terang cahaya handphone yang digunakan, sudah pasti lebih banyak menguras energi baterai dan akan mempercepat waktu aktif baterai handphone Android Sobat. Caranya, masuk ke menu pengaturan (setelan, setting) handphone Sobat, pilih tampilan, kemudian pilih kecerahan dan turlah pada pilihan kecerahan paling rendah. Jika ada opsi kecerahan otomatis, maka hilangkan ceklis atau jangan gunakan opsi tersebut. Namun jika Sobat melakukan pengaturan ini, Sobat akan mengalami sedikit kesulitan ketika menggunakan handphone di area terang.

Kedua, atur layar tidur handphone Sobat dengan waktu yang pendek. Layar tidur adalah fitur otomatis handphone Android dimana layar handphone akan meredup atau mati ketika tidak sedang digunakan untuk aktifitas mengetik atau sekedar sentuhan pada layar. Caranya, masuk ke menu pengaturan, pilih tampilan, kemudian pilih tidur dan aturlah menjadi waktu yang pendek misalnya 30 detik, hal ini berarti layar handphone Sobat akan mati dalam waktu 30 detik setelah sentuhan terakhir pada layar. Cara lain yang lebih cepat adalah dengan menekan tombol power handphone Sobat.

Ketiga, matikan data seluler. Ketika data seluler pada handphone Android aktif, maka banyak sekali kemungkinan notifikasi yang datang. Seperti email, facebook, twitter, instagram, bbm dan banyak lagi aplikasi-aplikasi media sosial yang ada, tentunya jika Sobat memasang dan menhunakan semua aplikasi tersebut. Jika hal itu Sobat lakukan, maka jangan kaget kalau baterai akan semakin cepat habis. Maka mematikan data seluler merupakan salah satu solusinya, terlebih ketika semisal Sobat sedang istirahat, tidur ataupun sekedar tidak ingin ada suara-suara yang mengganggu Sobat.

Keempat, aktifkan mode pesawat terbang. Saya pernah melakukan tips ini, dan luar biasa, baterai handphone saya bertahan hampir 2 hari lamanya. Sebenarnya tips ini hampir sama kegunaanya dengan tips ketiga, tapi tips ini total mematikan jaringan handphone Sobat, baik internet maupun seluler dan jika mode pesawat terbang ini diaktifkan, maka Sobat tidak akan dapat menerima sms ataupun telephone berbeda dengan tips ketiga yang masih tetap bisa menerima sms dan telepon.

Kelima, tahan nafsu Sobat. Wah, tahan nafsu? Apa hubungannya? Apa maksudnya? Tahan nafsu disini yang saya maksud adalah menahan nafsu untuk tidak terlalu sering main game, mendengarkan musik ataupun telepon. Terkadang ada orang yang sering melakukan hal-hal tersebut hingga berjam-jam hingga dipastikan aktifitas itu akan membuat baterai handphon cepat habis.


Itulah beberapa tips Hemat Baterai Android Dengan Cara Sederhana dan Ampuh Tanpa Aplikasi dari saya, semoga bermanfaat. Sobat punya tips lain? Ayo share!


Baca Juga Artikel Terkait Lainnya

0 komentar

Auto Ping