Berita
Memuat...
, ,

Menpora Buka Kejuaraan Dunia dan Festival Pencak Silat Ke-17

Menpora Imam Nahrawi bersama Ketua PB IPSI Prabowo Subianto berupaya membawa pencak silat agar dapat dipertandingkan di Olimpiade. Imam Nahrawi secara jelas mengemukakan hal ini saat membuka Kejuaraan Dunia dan Festival Pencak Silat ke-17 sekaligus membuka Munas Ke-14 PB IPSI di Gelanggang Olahraga Lila Bhuana Denpasar, Bali, Sabtu (3/12) malam.

Baca Juga : Prabowo : "Jadikan Pencak Silat Sebagai Pemersatu Bangsa"

Menurut Menpora, memasukan pencak silat ke Olimpiade memerlukan proses panjang dan tidak mudah, salah satunya harus mendapatkan dukungan sedikitnya dari 70 negara anggota IOC yang memiliki federasi cabang pencak silat.

Pembukaan Kejuaraan Dunia Pencak Silat Ke-17

Pencak Silat Road To UNESCO harus kembali diseriusi

"Konsen Presiden Persilat Prabowo agar pencak silat road to UNESCO harus kita seriusi kembali agar jatidiri dan eksistensi pencak silat semakin jelas. Pencak silat bukan hanya urusan olahraga melainkan juga urusan kebudayaan. Pencak silat adalah olahraga asli Indonesia. mengampanyekan dan mengembangkannya adalah konsen kita semua tidak hanya IPSI dan pemerintah tetapi kita semua, melalui film salah satunya," tambahnya.

Kejuaraan yang digelar hingga 9 Desember mendatang ini akan mempertandingkan 24 nomor yang terdiri atas 18 nomor olahraga dan 6 nomor seni. Pertandingan ini diikuti ratusan atlet dari 40 negara di dunia, antara lain dari Perancis, Italia, Belanda, Jerman, Belgia, Australia, Arab Saudi, Palestina, Brasil, Kanada, dan Amerika Serikat.

Ketua Pelaksana Eddy Prabowo menyampaikan, dalam kejuaraan ini Indonesia menjadi tuan rumah kelima kalinya. "Pencak silat adalah budaya dan olahraga asli Indonesia yang semakin bertambah penggemarnya di seluruh dunia. Dalam kejuaraan ini sebanyak 40 negara akan ikut berpartisipasi dengan 533 atlet dan ofisial bersaing menjadi yang terbaik dari 24 cabang olahraga," kata Eddy.

Kontingen tuan rumah sendiri diperkuat sebanyak 30 atlet yang akan unjuk prestasi dan membela timnas Pencak Silat Indonesia dalam ajang yang bertajuk Pencak Silat Menembus Dunia, tambahnya.

Pembukaan ini berlangsung sangat menarik dengan memadukan unsur kebudayaan, kesenian, tari-tarian, dan olahraga-olahraga tradisional.

Hadir dalam pembukaan ini Asdep Pengembangan Olahraga Tradisional dan Layanan Khusus Bayu Rahadian, Wakil Gubernur Bali I Ketut Sudikerta, Ketua PB IPSI selaku Presiden Persilat Prabowo Subianto, Ketua Pelaksana Eddy Prabowo, dan Wakil Ketua KONI Pusat Suwarno. (Ben/Alhafiz K)

Sumber dari/ Source from : NU Online

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya

0 komentar

Auto Ping