Berita
Memuat...

Bukit Sandolaya, Menyimpan Pesona Dan Misteri Tersembunyi

Bukit Sandolaya, tidak banyak orang yang tahu tempat ini. Namun bagi warga Desa Datar dan sekitarnya Bukit Sandolaya ini sangat dikenal. Karena tempat ini merupakan salah satu sumber pencahariaan bagi para penduduk Desa Datar, entah menanam maupun sebagai sumber mencari kayu.
Bukit ini terletak di Desa Datar Kecamatan Warungpring Kabupaten Pemalang. Meskipun Bukit Sandolaya ini bukan tempat Wisata, akan tetapi pesona dan pemandangan ditempat ini tidak bisa dianggap sepele. Dari Bukit ini kita bisa memandang jauh keberbagai arah dengan pemandangan yang berbeda-beda.

Pesona dan Misteri Tersembunyi di Bukit Sandolaya


Bukit Sandolaya-Desa Datar-Warungpring-Pemalang


Pesona

Bukit ini mempunyai 6 bukit dengan tingkat ketinggian yang berbeda pada masing-masing bukitnya. Dari atas bukit Sandolaya kearah timur kita bisa memandangi hamparan persawahan Desa yang sangat indah dan hijau, agak kekanan sedikit tepatnya ke arah tenggara kita bisa melihat pemandangan berupa Gunung Mendelem di Desa Belik, kemudian kearah selatan kita bisa memandangi kemegahan Gunung Slamet, dan begitu kita memandang kearah utara, disana kita akan melihat pemandangan berupa Gunung Gajah dan Waduk Cacaban di Daerah Tegal.


Misteri

Dari beberapa pemandangan yang bisa dinikmati yang sudah dipaparkan diatas, kita juga bisa menemukan sebuah misteri yang sudah sejak dulu ada dan belum terbukti kebenarannya sampai saat ini.

Di Puncak Bukit Sandolaya terdapat dua makam yang tidak tahu makam siapakah itu. Tapi menurut keterangan para orang tua di Desa Datar, dua makam itu adalah makam dari orang Belanda yang ada sejak zaman penjajahan dulu.


Akses Jalan

Tidak ada kendaraan umum yang lewat sini, satu-satunya cara adalah dengan menggunakan kendaraan pribadi, sepeda, motor, mobil, atau bisa dengan berjalan kaki. Bukit ini terletak di daerah sekitar pemakaman Desa Datar, yang melewati jalan arah Dukuh Celincing. Tentunya untuk naik keatas hanya bisa diakses dengan berjalan kaki.

Perjalanan ke atas Bukit Sandolaya kita akan dikelilingi dengan hamparan ilalang dengan warna hijaunya yang menawan dengan iringan desisan angin yang menerpanya.
Jika Anda penasaran, lansung saja datang ke Desa Datar.

Mingkrik Blog

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya

0 komentar

Auto Ping